Apa kabar sobat mwb? Gi mana nih.. Keadaan di duta, semoga.. Menjalani hari-hari yang menyenangkan.
nah pada kali ini saya akan membahas tentangKeistimewaan orang yang sabar
orang%2Bsabar.jpg
Sabar menurut bahasa berarti menahan dan mengekang. Di antaranya disebutkan pada QS.Al-Kahfi [18]: 28 “Dan tahanlah dirimu bersama dengan orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan di senja hari dengan mengharap keridhaanNya, dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka.” Kebalikan sabar adalah jaza’u (sedih dan keluh kesah), sebagaimana di dalam firman Allah QS. Ibrahim [14]: 21, “…sama saja bagi kita mengeluh ataukah bersabar. Sekali-kali kita tidak mempunyai tempat untuk melarikan diri.”
Siapa saja yang membaca INNA LILLAHI WA INNA ILAiHI ROJIUN ( انا لله وانا اليه راجعون ) dimana sedang mendapatkan musibah,itu menandakan orang yang sabar.Jadi senan tiasa kita harus bersabar setiap kali mendapatkan musibah atau cobaan dari allah karena sesungguhnya allah bersama orang-orang yang sabar Innallaha maas shobirin.
Keistimewaan bagi orang yang sabar diantaranya:
* · Pertolongan allah terhadap orang yang sabar.
* · Muqarrobah terhadap allah.
* · Rasa tentram hati mutmainah qulub
* · Dan bagi orang-orang yang sabarbakal dimasukan nya mereka kedalam surga.
Lantas bagai mana buat kita jika melihat orang yang terkena musibah? Kita diwajibkan untuk menghiburnya agar mereka bersabardan merasa gembira tidak bersedih hati.
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikitketakutan, kelaparan, kekuranganharta, jiwa dan buah-buahan. Danberikanlah berita gembira kepadaorang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun" (QS. 2 ayat 155-156)
Allah munguji kita supaya bersabar dari setiap ujian atau musibah yang datangnya tidak kita kehendaki baik dari orang-orang terdekat,sahabat,kematian,bencana alam,dll.
1. Tidak membalas kejahatan.
Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar. (QS. 16 ayat 126)
2. Membalas kejahatan dengan kebaikan.
Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itutidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dantidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar. (QS. 41 ayat 34-35)
3. Tidak bersedih hati terhadap orang yang jahat dengan kita dan tidak bersempit dada menghadapi tipu daya mereka Bersabarlah
(hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan. (QS. 16 ayat 127)
4. Tidak gelisah terhadap orang yang membenci kita.
Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar dan sekali-kali janganlah orang-orang yang tidak meyakini (kebenaran ayat-ayat Allah) itu menggelisahkan kamu. (QS. 30 ayat 60)
5. Tabah menghadapi segala ujian.
Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). (QS. 31 ayat 17) 6. Tidak lemah karena bencana, tidak lesu, dan mudah menyerah Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar. (QS. 3 ayat146)
Allah memberikan jaminan buat orang-orang yang sabar di antaranya adalah:
1. Surga
Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka (dengan) surga dan (pakaian) sutera,(QS. 76 ayat 12)
2. Keselamatan.
(sambil mengucapkan): "Selamatlah atas kamu karena kesabaranmu". Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu. (QS. 13 ayat 24)
3. Dihancurkan musuhnya dan diberikan kebaikan.
Dan Kami pusakakan kepada kaum yang telah ditindas itu, negeri-negeribahagian timur bumi dan bahagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya. Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka. Dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Fir'aun dan kaumnya dan apa yang telah dibangun mereka (QS. 7 ayat 137)
4. Diberikan balasan dua kali.
Mereka itu diberi pahala dua kali disebabkan kesabaran mereka, dan mereka menolak kejahatan dengan kebaikan, dan sebagian dari apa yang telah Kami rezkikan kepada mereka, mereka nafkahkan. (QS. 28 ayat 54)
5. Allah akan selalu menjaganya.
Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamubangun berdiri (QS. 52 ayat 48).
sekian postingan kali ini, semoga kita senantiasa bersabar dalam menjalani cobaan atau masalah, walau seberat apapun. AMIN..
 
Blogger TemplateBerbagi Ilmu © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top