KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA DAN PENINGGALANNYA

1.Proses Masuk dan Berkembang Agama Islam diIndonesia
   a. Sumber masuknya islam ke indonesia
      Berdasarkan sejarah,masuknya agama islam ke indonesia ada 2 sumber,yaitu:
1) Sumber Ekstern (luar),yaitu berdasarkan berita dari Arab pada Abad ke-7 terdapat kerajaan           Zabag(sriwijaya),berdasarkan berita dari eropa tahun 1292 bahwa Marcopolo(italia) singgah
diPerlak,berdasarkan berita dari cina,yang dikatakan oleh Ma Huan(sekretaris laksamana Cheng Ho))   bahwa pada tahun 1400 telah ada pedagang-pedagang islam yang tinggal di pantai utara jawa.
2) sumber Intern (dalam),yaitu ditemukan batu nisan Fatimah binti Maimun(1028) yang bertuliskan Arab di leran(gresik),adanya Makam Sultan Malik Al Saleh(1297) di sumatera,dan Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim(1419) di Gresik.
  Dari dua sumber di atas dapat disimpulkan bahwa masuknya islam ke indonesia berlangsung dari abad ke-7 sampai dengan abad ke-15.
  b. Masuknya Islam ke Indonesia
      Islammasuk ke indonesia dibawa oleh para pedagang muslim dari Arab,Persia,dan Gujarat;sedangkan yang menerima Islam di Indonesia adalah para pedagang bangsawan/adipati,wali/ulama,dan rakyat/masyarakat.
  c.Proses Islamisasi
Proses Islamisasi di Indonesia dilakukan dengan berbagai cara,yaitu melalui perdagangan,perkawinan,perdidikan,seni budaya,dan akulturasi budaya.
2.Faktor-faktor Pendukung Islam Cepat Berkembang diIndonesia
Agama Islam mudah diterima dan dapat berkembang pesat di Indonesia karena faktor-faktor berikut:
a.Syarat masuk islam sangat mudah,yaitu cukup mengucapkan kalimat syahadat.
b.Ajarannya sederhana dan mudah dimengerti.
c.Agama islam bersifat demokratis dan tidak mengenal perbedaan sosial.
d.Agama Islam tidak mengenal kasta
e.Disebarkan secara damai tanpa paksaan dan kekerasan
f.Upacara-upacara keagamaannya sederhana.
g.Faktor politik yang turut memperlancar penyebaran agama islam di Indonesia ialah runuthnya kerajaan Majapahit(1478) sebagai kerajaan Hindu dan jatuhnya Malaka ke tangan portugis(1511).
3.Peran pedagang dan Ulama dalam Proses Awal Perkembangan islam diIndonesia
a.peran pedagang dalam proses awal perkembangan Islam
Sejak abad ke-7 M,para pedagang muslim dari Arab,Persia,dan Gujarat(india) telah ikut ambil bagian dalam kegiatan perdagangan di Indonesia.Selain berdagang mereka juga menyebarkan agama Islam dengan mendirikan perkampungan sendiri(perkampungan pedagang Muslim dari negeri asing)yang disebut pekajon.
b.Peran Wali songo dan Ulama lain dalam proses awal perkembangan Islam diIndonesia
1) Wali Sanga
Di pulau Jawa penyebaran Islam dilakukan oleh para wali yang dikenal dengan sebutan wali songo.Wali artinya wakil atau utusan,sedangkan songo artinya sembilan.Para wali mendapat gelar sunan atau susuhunan,artinya yang dihormati/dijunjung tinggi.
2) Tokoh_tokoh ulama di luar pulau Jawa,yaitu:
a) Datuk ri Bandang , ulama di daerah Goa,Sulawesi Selatan.
b) Datuk ri Sualiman , ulama di daerah Banjar Kalimantan Tengah dan Utara.
c) Tua Tanggang ri Parang , ulama di daerah Kalimntan Barat.
3)Peran wali dan ulama,yaitu:
a) Peran dibidang agama, yaitu menyebarkan agama islam melalui pondok-pondok pasantern,dakwah,dan media seni seperti wayang kulit dan tembang-tembang yang bernafaskan Islam.
b) Peran dibidang sosial budaya seperti Grebeg syawal di Yogyakarta,Sekaten di Surakarta, Besaran di Demak,dll
c) Peran di bidang politik seperti sebagai pendukung sebuah kerajaan (peran walisanga terhadap Kerajaan Demak),penasehat raja (peran Sunan Kudus dan Sunan Kalijaga terhadap Raja Demak Raden Fatah), dan sebagai raja Kerajaan Cirebon,yaitu Sunan Gunung Jati.
d) Peta penyebaran dan Perkembangan agama Islam di indonesia
     Sumber tersebut menerangkan bahwa jalur perdagangan yang digunakan sebagai jalur masuk Islam ke Indonesia hampir sama dengan jalur perdagangan semasa kerajaan Hindu-Budha.Ajaran Islam pertama kali diterima masyarakat di daerah-daerah pesisir,sebab,merekalah yang berhubungan langsung dengan para perdagang Arab,Persia,dan Gujarat.
     Di Sumatera,perkembangan Islam makin pesat setelah munculnya kerajaan Samudera Pasai dan Aceh pada abad ke-13.Kedua kerjaan ini letaknya berdekatan dengan Selat malaka,yang merupakan perlabuhan transit terpentin di Asia Tenggara.Dari Malaka,Islam menyebar ke Kampar,Indragiri,dan Riau.Sementara,dari Aceh Islam menyebar ke Minangkabau dan bengkulu,serta daerah pendalaman Sumatera.
     Berdirinya Kerajaan Denak pada abad ke-16.Dari Demak,Islam menyebar ke Cirebon,Banten,Sunda kepala,Lampung,Pelembang,Jawa Tengah,Jawa Timur,Madura,kalimantan Selatan,Makasar,dan Maluku.Dengan demikian,pada akhir abad ke-16 Islam telah tersebar ke seluruh NUsantara Kecuali Maluku dan Papua.




 
Blogger TemplateBerbagi Ilmu © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top